Berbagai layanan Google yang menarik bagi webmaster

Jumat, 16 Agustus 2013 | 21:43 WIB

Begitu banyaknya layanan Google kadang-kadang membuat orang kebingungan. Sejak pertama didirikan pada tahun 2004 sampai sekarang sudah bergitu banyak layanan yang sudah dikembangkan oleh Google, baik yang dikembangkan sendiri oleh Google maupun layanan yang dimiliki Google dari proses pembelian perusahaan pengembang awal. Dari berbagai layanan tersebut ada yang masih bertahan dan berkembang, namun ada juga yang tidak berkembang dan akhirnya ditutup sama sekali. Dari sekian banyak layanan tersebut dapat dilihat untuk siapa sebenarnya layanan tersebut diperuntukkan, namun karena begitu banyak layanan Google yang ada kadang membuat orang malah kebingungan. Berikut merupakan layanan yang diperuntukkan bagi webmaster dan blogmaster yang dimiliki oleh Google :

Google Analytics merupakan layanan Google yang dikembangkan untuk menunjukkan statistik website atau blog secara real-time. Layanan ini mampu menyajikan data-data lengkap seputar pengunjung dari website kita. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman yang dimaksud, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click dan social network. Layanan ini juga dapat diintegrasikan dengan layanan Adwords dan Adsense.

Google Webmaster Tools merupakan layanan yang ditujukan bagi webmaster tingkat lanjut yang ingin melihat data-data seputar SEO, keywords (kata kunci) dan berbagai layanan lain yang mampu mendorong jumlah pengunjung, termasuk hasil tampilannya di search engine Google.

Blogger merupakan website penyedia layanan pembuatan blog yang populer sampai saat ini selain wordpress dan tumblr.

Google Sites merupakan layanan yang dimiliki oleh Google yang mempunyai fasilitas pembuatan website. Layanan ini hampir serupa dengan Blogger, namun kurang terlalu populer dibanding dengan Blogger sendiri.

Google+ merupakan layanan jejaring sosial milik Google yang merupakan saingan terbesar Facebook dan Twitter. Walaupun layanan ini termasuk jejaring sosial, namun banyak layanan didalamnya yang dapat diintegrasikan dengan layanan lain yang berguna bagi webmaster dan blogmaster.

Google Adsense merupakan layanan Google yang bergerak di bidang monetizing internet yang menghubungkan advertise (pengiklan) dan publisher (blogger/webmaster) melalui plaform layanan pay per click.

Google Adwords merupakan layanan yang ditujukan bagi advertiser yang ingin beriklan di Google. Google akan menampilkan iklan di jaringan Google termasuk Adsense. Bagi webmaster, progam ini mampu mendongkrak jumlah pengunjung dan SEO website tanpa membutuhkan waktu yang lama. Namun progam ini hanya disarankan bagi webmaster yang memiliki dana yang lebih karena untuk beriklan di jaringan Google jelas membutuhkan dana.

Picassa Web Albums merupakan tempat penyimpanan foto di Google. Layanan ini dapat diintegrasikan dengan layanan lain termasuk Google+. Bagi webmaster, Picassa Web Albums juga dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan file berbentuk gambar agar tidak membebani hosting kita.

Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti smartphone dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti mobile. Bagi webmaster lanjutan yang tidak hanya cukup website yang hanya dapat dibuka di komputer, dapat mengembangkan aplikasi sendiri yang dapat dibuka di smartphone dan tablet yang berbasis Android.

Google Apps merupakan layanan yang dikembangkan oleg Google bagi perusahaan dan webmaster agar dapat mengelola semua perangkat dari layanan Google dalam satu akun. Layanan ini disarankan bagi webmaster dan perusahaan yang sudah berkembang dan membutuhkan satu akun bagi perusahaannya.

Google Code adalah situs untuk peralatan pengembang, API, dan rujukan teknis Google. Situs ini antara lain berisi dokumentasi cara penggunaan peralatan pengembang dan API Google, termasuk kelompok dikusi dan blog bagi para pengembang aplikasi yang menggunakan produk pengembang Google.

12. Admob
Google Admob merupakan jaringan periklanan mobile yang dimiliki oleh Google yang membantu developer (pengembang aplikasi) untuk mendapatkan penghasilan dan mempromosikan aplikasi mobile dan tablet dengan iklan.

Google Cloud Platform merupakan layanan yang dimiliki oleh Google yang berfungsi membuat aplikasi/website, berbagi data dan analisa data di infrastruktur yang dimiliki oleh Google. Layanan ini disarankan bagi webmaster lanjutan dan perusahaan yang bergerak di bidang internet yang ingin memiliki tempat penyimpanan data yang stabil.

Layanan ini merupakan layanan yang dikembangkan oleh Google Developer yang berfungsi menganalisa kecepatan situs kita dan menyajikannya dalam bentuk data yang dapat kita analisis lebih lanjut agar website kita mampu bekerja secara optimal.

Google Custom Search merupakan layanan bagi webmaster untuk membuat search engine (mesin pencari) di website mereka yang serupa dengan mesin pencari milik Google, baik secara teknologi atau tampilannya.

Description : Berbagai layanan Google yang menarik bagi webmaster
Rating : 5
Reviewer : Penjaga Lilin - Berbagai layanan Google yang menarik bagi webmaster

Advertise

Berlangganan Email

Daftar untuk berlangganan BlogNusa Tutorial melalui email. Ketik email kamu dibawah ini :
RSS FeedRSS

 
BlogNusa © 2010-2014
Design by New WP Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates