Artikel SEO; Hati-hati dalam bertukar link

Kamis, 05 April 2012 | 23:05 WIB

Mungkin kalian bertanya mengapa judul artikel ini 'hati-hati terhadap tukar link'?. Ya, artikel ini membahas tentang keburukan bertukar link. Tukar link merupakan suatu cara yang sering dilakukan seorang blogmaster dan websmaster dimana web atau blognya menampilkan alamat link dari web atau blog orang lain yang sudah terlebih dahulu menyetujui untuk bertukar link. 

Banyak alasan kenapa blogmaster melakukan tukar link dengan sesama blogmaster, namun menurut hemat penulis, ada 2 tujuan terpenting dalam melakukan tukar link : 

1. Mendapatkan backlink dari sesama blogmaster.
Backlink merupakan alamat url blog kita yang terpasang di blog orang lain. Dengan mendapatkan backlink, akan mempengaruhi peringkat web kita di mata search engine, misalnya Google.

2. Mendapatkan pengunjung/visitor.
Tujuan ini didasarkan dari pengunjung blog orang lain yang sudah bertukar link dengan kita akan berkunjung ke website kita, atau dengan kata lain, pengunjung tidak sengaja. Walaupun mungkin jumlahnya tidak seberapa.

Namun kenapa tulisan ini mengambil judul, hati-hati dalam bertukar link, berikut ini kelemahan yang ada dalam bertukar link :

1. Cara ini didasarkan atas dasar kepercayaan. Tidak ada jaminan bahwa suatu saat nanti link kita di web atau blog yang kita ajak tukar link masih ada disana (dihapus secara sepihak).

2. Masih seputar alasan kepercayaan, biasanya ada blog atau web yang nakal atau setengah-setengah dalam bertukar link. Dalam banyak kasus yang dihadapi penulis ataupun blogger lainnya, seringkali mereka bertukar link dengan blog tertentu, namun partner link mereka menyisipkan kode html nofollow dalam url link kita. Kode nofollow merupakan kode html yang memberi perintah kepada search engine untuk tidak mengindeks alamat yang disisipi kode ini, atau dengan kata lain, si empunya blog tidak menginginkan alamat blog kita terindeks oleh Google dan search engine lainnya melalui blog mereka. Kalo seperti itu kejadiannya, buat apa bertukar link!. Kasus ini juga sering dialami oleh Blognusa, sehingga kami mengambil keputusan untuk tidak menerima tukar link. Hemat penulis, cara ini merupakan cara terlicik dalam SEO.

Walaupun begitu kita dapat meminimalisasi kelemahan tukar link dengan cara untuk terus memantau link kita di blog partner tukar link kita. Sedangkan untuk mengecek alamat link kita disisipi kode nofollow atau tidak, jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu dapat menggunakan cara CTRL + U dilaman tukar link partner blog kita. Cara ini untuk melihat susunan kode html dari suatu laman tertentu. Kemudian cari link kita, jika sebelum atau sesudah link kita terdapat script nofollow, berarti kamu sudah kena tipu.

Berikut tampilan link Blognusa di laman blog partner tukar link yang menyisipkan kode nofollow di laman mereka.


Description : Artikel SEO; Hati-hati dalam bertukar link
Rating : 5
Reviewer : Penjaga Lilin - Artikel SEO; Hati-hati dalam bertukar link

Advertise

Berlangganan Email

Daftar untuk berlangganan BlogNusa Tutorial melalui email. Ketik email kamu dibawah ini :
RSS FeedRSS

 
BlogNusa © 2010-2014
Design by New WP Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates