Belajar HTML - Dasar memahami bahasa HTML

Minggu, 04 Agustus 2013 | 03:23 WIB

Pengertian singkat tentang HTML

HTML (Hyper Text Markup Language) merupakan bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu. Kode-kode tersebut akan memerintahkan web browser bagaimana untuk menampilkan halaman web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, link maupun video.

Sedangkan Web Browser adalah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser misalnya Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.

HTML mempunyai file perluasan (extention) .htm atau .html. HTML dan hal yang terkait dengan website distandarisasi oleh sebuah badan yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Informasi standarisasi terkait website dapat dilihat di http://www.w3.org.

Untuk mulai belajar HTML, dibutuhkan software yang dapat digunakan untuk mengolah bahasa HTML, misalnya saja Notepad/Notepad++, software yang paling umum digunakan untuk membuat website dari dasar. Kita juga dapat menggunakan jenis program WYSIWIG (What You See Is What You Get), misal Adobe Dreamweaver, namun jenis progam diatas hanya disarankan bagi yang sudah menguasai bahasa HTML. Di bawah ini adalah contoh suatu dokumen HTML yang sangat sederhana. Buka Notepad++, silahkan mulai dengan mengetikkan (copy/paste) teks di bawah ini:
<html>
<head>
<title>My Website</title>
</head>
<body>Disini adalah body website</body>
</html>
Kode diatas merupakan kode dasar dari sebuah website. Simpan kode diatas misalnya dengan nama mywebsite.html. Buka file yang sudah disimpan tadi menggunakan web browser yang ada (chrome atau mozilla), maka hasilnya akan seperti dibawah ini :
Konsep dalam HTML

Perintah didalam dokumen HTML terdiri dari berbagai penyusun seperti Tag, Elemen, Atribut dan Nilai. Tag terdiri dari lambang-lambang khusus seperti: " <", " >" dan "/", untuk menuliskannya di dalam dokumen HTML dimulai dengan tag pembuka "<…>" dan diakhiri dengan tag penutup "</…>". Kemudian di dalam tag tersebut terdapat teks seperti contoh diatas : html, head, title, body, ini disebut dengan Elemen HTML.

Elemen HTML kemudian ada yang memiliki atribut dan nilai tertentu, seperti contoh untuk membuat warna latar belakang (background): <body bgcolor="0000ff">, body merupakan elemen, bgcolor merupakan atribut dan 0000ff merupakan nilai (value). Setiap kode HTML pasti terdiri dari berbagai macam elemen, atribut ataupun nilai tertentu.

Elemen HTML mempunyai tiga hal penting yaitu: tag pembuka, isi (content), dan tag penutup. Sebagai contoh, elemen html mempunyai tag pembuka "<html>" dan tag penutup "</html>" dan yang berada diantaranya merupakan isi (content) dari elemen html diatas. Untuk menuliskan Elemen HTML bisa menggunakan huruf besar maupun huruf kecil. Contoh: <HTML>, <HtMl>, <HTml>, <html>, semuanya adalah sama, namun disarankan untuk menuliskannya secara sama agar tidak membingungkan.

Tag dasar HTML

Komponen dasar dari suatu dokumen HTML terdiri dari tag elemen HTML, HEAD dan BODY seperti contoh diatas. Tag pertama pada dokumen HTML diatas adalah: "<html>" tag ini merupakan awal dari suatu dokumen HTML, dan tag "</html>" merupakan akhir dari dokumen HTML. Isi keseluruhan dari suatu dokumen HTML selalu berada diantara tag <html>…</html>.

Kemudian tag "<head>…</head>" (header) adalah informasi dari dokumen HTML. Informasi di dalam header meliputi: title, meta, style, script dll. Selain judul informasi di dalam header ini nantinya tidak akan di tampilkan di web browser, namun tetap mempunyai fungsi yang penting misalnya untuk memberi informasi kepada search engine (Google atau Bing) tentang isi dari website kita. Jadi walaupun secara umum tag header tidak muncul di web browser, namun fungsinya tetap tidak bisa diabaikan.

Tag berikutnya adalah "<title>…</title>" merupakan bagian dari Head, tag ini adalah sebagai judul dari dokumen HTML, judul ini akan tampil di tab browser. Tag "<body>…</body>" merupakan isi dari suatu dokumen HTML yang akan ditampilkan di web browser. Tag body terdiri dari berbagai macam format file misalnya teks, grafik, link, animasi maupun video (multimedia).

Description : Belajar HTML - Dasar memahami bahasa HTML
Rating : 5
Reviewer : Penjaga Lilin - Belajar HTML - Dasar memahami bahasa HTML

Advertise

Berlangganan Email

Daftar untuk berlangganan BlogNusa Tutorial melalui email. Ketik email kamu dibawah ini :
RSS FeedRSS

 
BlogNusa © 2010-2014
Design by New WP Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates