Cara setting Authorship/Pengarang di Google

Kamis, 26 Desember 2013 | 16:22 WIB

Bagi para penulis, baik penulis media online, blogger ataupun bentuk media lain yang dapa diakses melalui internet, ada tools yang menarik dan sangat berguna para para penulis, yaitu Google Authorship/Pengarang. Tools ini terintegrasi kedalam jejaring sosial Google+ dan mesin pencari Google. Ketika anda surfing di Internet, anda dapat langsung melihat author/penulis dari konten tersebut. Tools ini juga sangat berguna untuk meminimalisir pencurian konten yang biasa terjadi di dunia maya.

Untuk mengatur authorship/pengarang di web atau blog kita pada dasarnya terdapat cara, yaitu :

  • Menautkan dengan alamat email yang terverifikasi.
  1. Anda harus memiliki alamat email yang sama di domain anda. Misalnya, domain anda adalah blognusa.com, sedangkan alamat emailnya adalah namakamu@blognusa.com.
  2. Setiap artikel dan posting yang ada di web tersebut harus mencantumkan baris nama penulis yang jelas. Misalnya, "Ditulis Oleh : Nama Kamu" ataupun "Penulis : Nama Kamu".
  3. Anda harus mendaftarkan authorship/kepengarangan di Google. Isi kolom kepengarangan yang tersedia dengan email kamu tadi, misal namakamu@blognusa.com lalu klik "Daftarkan Kepengarangan". Email anda akan muncul di bagian tautan Kontributor di di profil Google+ Anda.
Cara ini hanya berlaku jika anda memiliki email yang sama dengan nama domain anda. Biasanya cara ini dilakukan oleh profesional ataupun perusahaan besar yang memiliki alamat email tersendiri bagi para karyawannya.

  • Menautkan dengan menyisipkan akun profile ke konten anda.
  1. Sisipkan kode dibawah ini disetiap konten anda <a href="[profile_url]?rel=author">Nama Kamu</a>. Yang harus diperhatikan adalah parameter ?rel=author. Jika parameter tidak ada, Google tidak akan dapat mengaitkan konten anda dengan profil Google+. Misal :
  2. <a href="https://plus.google.com/109412257237874861202? rel=author">Jojon</a>
  3. Tambahkan tautan balik ke akun profile Google+ anda. Caranya dengan mengedit bagian Kontributor di dibagian Tautan dengan url anda.

  4. Tulis Label dan URL anda, kemudian klik Simpan.
Cara ini merupakan cara lain selain cara pertama diatas dan biasanya digunakan oleh blogger ataupun penulis yang tidak mempunyai email yang sama dengan domainnya sendiri, misalnya blogspot.com, wordpress.com dll.

Untuk melihat data pengarang yang dapat diindeks oleh Google dari laman anda, gunakan alat pengujian data terstruktur.

Description : Cara setting Authorship/Pengarang di Google
Rating : 5
Reviewer : A r o k - Cara setting Authorship/Pengarang di Google

Advertise

Berlangganan Email

Daftar untuk berlangganan BlogNusa Tutorial melalui email. Ketik email kamu dibawah ini :
RSS FeedRSS

 
BlogNusa © 2010-2014
Design by New WP Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Templates